Kereta Api Layang Solo Balapan – Kadipiro Lokasi : Solo, Jawa Tengah

Detail Proyek

SISTEM

MSE – Dinding RE

Bumi yang Diperkuat®
Dinding / Dinding MSE

PEMILIK

Kereta Api Indonesia
(KAI)

KONTRAKTOR

PT. Adhi Karya
(Persero) Tbk
Departemen
Perkeretaapian

TAHUN KONSTRUKSI

02/2023 sampai
Tanggal 09/2023

DESAINER + KONSULTAN

  • Pencarian Geo
    (Diperkuat
    Bumi Indonesia)

Latar belakang

Aplikasi pertama MSE Wall untuk tanggul rel kereta api.

ReCo Indonesia berhasil mengamankan proyek tahap pertama yaitu separuh tanggul rel kereta api di bawah PT. Adhi Karya.

Rel kereta api yang ada akan ditinggikan karena adanya pembangunan peningkatan stasiun kereta api.

Tembok MSE sepanjang 735 m dengan tinggi mencapai 4,2 m perlu dibangun untuk menahan tanggul rel kereta api.

Selain itu, setengah dari area fasia Dinding MSE menggunakan panel finishing arsitektur “Batik”. Batik merupakan tradisi pewarnaan kain dengan lilin kuno dari Jawa, Indonesia.

Tantangan

Satu rel kereta api akan diangkat hingga di atas tanggul sementara rel kereta api lainnya masih beroperasi aktif.

Dinding MSE tidak dapat dibangun di atas tanah yang sudah ada karena daya dukungnya tidak memadai. Pekerjaan penggalian diperlukan untuk mencapai daya dukung yang cukup secara mendalam dan perkuatan zona yang cukup secara lebar. Karena jalur lainnya akan beroperasi selama masa konstruksi, pekerjaan penggalian harus dilakukan secara bertahap. Hal ini untuk mencegah kegagalan stabilitas pada tanah yang sudah ada.

Larutan

ReCo mendesain Dinding MSE menggunakan spesifikasi Dinding Reinforced Earth®. Luas total dinding Reinforced Earth® adalah 2.070 m2.

Bagikan proyek ini, pilih platform Anda!

Anda ingin menghubungi pakar?