Kereta Api Layang Solo Balapan – Kadipiro Lokasi : Solo, Jawa Tengah
Detail Proyek
SISTEM
MSE – Dinding RE
Bumi yang Diperkuat®
Dinding / Dinding MSE
PEMILIK
Kereta Api Indonesia
(KAI)
KONTRAKTOR
PT. Adhi Karya
(Persero) Tbk
Departemen
Perkeretaapian
TAHUN KONSTRUKSI
02/2023 sampai
Tanggal 09/2023
DESAINER + KONSULTAN
- Pencarian Geo
(Diperkuat
Bumi Indonesia)

Latar belakang
Aplikasi pertama MSE Wall untuk tanggul rel kereta api.
ReCo Indonesia berhasil mengamankan proyek tahap pertama yaitu separuh tanggul rel kereta api di bawah PT. Adhi Karya.
Rel kereta api yang ada akan ditinggikan karena adanya pembangunan peningkatan stasiun kereta api.
Tembok MSE sepanjang 735 m dengan tinggi mencapai 4,2 m perlu dibangun untuk menahan tanggul rel kereta api.
Selain itu, setengah dari area fasia Dinding MSE menggunakan panel finishing arsitektur “Batik”. Batik merupakan tradisi pewarnaan kain dengan lilin kuno dari Jawa, Indonesia.
Tantangan
Satu rel kereta api akan diangkat hingga di atas tanggul sementara rel kereta api lainnya masih beroperasi aktif.
Dinding MSE tidak dapat dibangun di atas tanah yang sudah ada karena daya dukungnya tidak memadai. Pekerjaan penggalian diperlukan untuk mencapai daya dukung yang cukup secara mendalam dan perkuatan zona yang cukup secara lebar. Karena jalur lainnya akan beroperasi selama masa konstruksi, pekerjaan penggalian harus dilakukan secara bertahap. Hal ini untuk mencegah kegagalan stabilitas pada tanah yang sudah ada.
Larutan
ReCo mendesain Dinding MSE menggunakan spesifikasi Dinding Reinforced Earth®. Luas total dinding Reinforced Earth® adalah 2.070 m2.