Perbaikan Lereng Dhoho, Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Detail Proyek
SISTEM
Geosintetik – EPGEO
PNB-Jaringan
TerraGreen, Wiremesh dan Tanah
Memaku
PEMILIK
PT. Surya
Dhoho Investama
KONTRAKTOR
PT. Wijaya Karya
(Persero) Tbk.
TAHUN KONSTRUKSI
02/2024 sampai
Tanggal 05/2024
DESAINER + KONSULTAN
- Pencarian Geo
(Diperkuat
Bumi Indonesia)
Latar belakang
Bandara Internasional Dhoho adalah bandara baru yang saat ini sedang dibangun di Kediri.
MSE Steep Slope dibangun untuk lereng Barat dan Timur Bandara Internasional Dhoho.
Bagian dari Lereng Curam MSE rusak akibat kebakaran dan pengecoran beton. Sekitar 700 m2 area fasad Lereng Curam MSE perlu diperbaiki
Tantangan
Geogrid dan geobag pada fasia rusak total dan mengenai geogrid di dalam timbunan. Hal ini melemahkan stabilitas pada fasia dan tidak memberikan perlindungan fasia terhadap masalah erosi permukaan.
Tantangan terbesarnya adalah agar paku tanah dapat menggesek material timbunan tanpa nat. Nat tidak dapat digunakan karena kondisi alami timbunan granular. Paku tanah harus dipasang cukup lama untuk memperoleh gesekan yang cukup.
Larutan
ReCo menyediakan rekayasa dan konstruksi untuk memulihkan stabilitas fasia dan sekaligus memperbaiki erosi permukaan pada fasia. Kombinasi soil nailing, wiremesh dan TerraGreen diusulkan sebagai solusi perbaikan.